Dokter Gigi Puskesmas

Banyak opini yang berkembang di masyarakat kalau Dokter Gigi adalah profesi mahal. Berobat ke dokter gigi adalah hal “terakhir” yang “terpaksa” dilakukan oleh pasien penderita sakit gigi. Adanya pelayanan dokter gigi dari puskesmas dengan harga yang terjangkau bisa menjadi solusi dari opini ini.

Opini lain muncul dan mengatakan pelayanan dokter gigi dari puskesmas tidak baik dan terkesan asal-asalan. Ini juga yang menyebabkan masyarakat malas mendatangi pusat pelayanan kesehatan dari pemerintah. Belum lagi sikap yang ditunjukkan oleh para dokter gigi seperti keramahan, perhatian dan kesabaran para dokter gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan gigi yang kurang. Padahal hal ini seharusnya tidak terjadi jika para dokter gigi mengingat kembali tujuan utama mereka mengabdi sebagai seorang dokter gigi.

Tugas dokter gigi Puskesmas bukan hanya sekedar memberikan pelayanan medik gigi dasar di Puskesmas, tetapi juga hal-hal lain seperti pembinaan dan pengembangan serta pelayanan asuhan pada kelompok rawan, bila tidak ada perawat gigi. Juga bisa sebagai tempat konsultasi yang baik bagi masyarakat dalam masalah keshatan gigi dan mulut, bukan malah membuat masyarakat menjadi resah dan takut untuk mengunjungi kembali dokter gigi.

Dari beberapa survey yang diadakan, sebagian dari masyarakat masih beropini bahwa pelayanan dokter gigi di puskesmas dinilai masih kurang baik, namun sebagian lagi juga mengatakan sudah baik dan memuaskan.

Untuk itu, perlu diingatkan kembali bagi para calon dokter gigi maupun yang sudah menjadi dokter gigi agar dapat mengubah opini-opini tersebut. Hal ini dapat dimulai dengan berkaca kembali pada diri sendiri mengenai tujuan kita sebagai dokter gigi dan meningkatkan kualitas diri sendiri agar menjadi lebih baik, sehingga masyarakat dapat mengubah paradigma mereka terhadap dokter gigi.

 

Kontributor: Endah Meirena Editor: Utami Danniawati

Leave a comment